2 SISI LOMBOK (LOMBOK SELATAN : TANJUNG AAN & NOVOTEL RESORT)

Bekerja sambil liburan. Siapa yang tidak tergiur dengan situasi seperti ini, apalagi seluruh akomodasi ditanggung. Surga dunia rasanya. 4-7 Desember 2014 kemarin, saya mendapat kepercayaan untuk membantu teman-teman dari Markom salah satu Bank Syariah untuk mengadakan workshop di Lombok. Tentunya saya tidak akan membahas mengenai apa isi dan hasil dari workshop tetapi kesempatan saya untuk mencicipi "kembali" sisi Utara dan Selatan Lombok.

Garis pantai Tanjung Aan
Kembali saya mencicipi indahnya 2 sisi pulau Lombok ini dengan lebih leluasa, yaitu Tanjung Aan di sisi Selatan dan Senggigi di sisi Utara. 3 Tahun lalu saya sempat menyambangi 2 lokasi ini dengan sekejap mata. Masih ingat saya berpanas-panas ria di Tanjung Aan selama 1 jam dan sekedar singgah di Senggigi untuk menunggu jadwal penyebrangan menuju Gili. 
 
Panorama Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan.
Pantai yang terletak 75 Km dari pusat kota Mataram ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor dengan rute Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Batunyale-Sengkol-Rambitan-Sade-Kuta-Tanjung Aan. Pantai yang masih relatif sepi ini memiliki keunikan sendiri dengan butiran pasir mericanya. Ya, jika kita mengeruk sedikit ke dalam pasir, wujud pasirnya sudah bukan bubuk melainkan bulat-bulat seperti biji merica. 

Pantai yang tenang tak berombak
Kali ini saya bisa mengeksplor lebih banyak wilayah Tanjung Aan ini. Di bagian kiri pantai ada bukit landai yang bisa di naiki. Pemandangan dari atas bukit sungguh menakjubkan. Lengkungan bibir pantai berwarna putih, air laut biru terang yang berpadu dengan barisan bukit hijau mampu membuat saya mengabaikan teriknya matahari dan pedagang souvenir yang terus merajuk untuk dibeli dagangannya.
 
View dari atas bukit
1 Kali dalam setahun, tepatnya bulan Februari di pantai ini akan ramai didatangi pengunjung domestik maupun luar negeri. Festival Bau Nyale, festival "berburu" cacing yang konon katanya adalah reinkarnasi dari Putri Mandalika yang mengakhiri hidupnya dengan loncat ke dalam laut karena menghindari perjodohan yang tidak dikehendakinya. Sebelum melompat sang putri sempat mengatakan "Kuta" (dibaca kute yang artinya "aku ada di sini") yang memberikan tanda kepada pengikutnya jika ingin menemui sang putri, di sinilah tempatnya.  
 
Tanjung Aan yang masih sepi
Novotel Resort Kuta
Segelas teh herbal dingin menyambut saya begitu memasuki Novotel Resort Kuta. Awalnya kami memang akan menggelar workshop di resort ini, karena mengingat kami harus bolak-balik bandara Praya untuk menjemput peserta workshop, akhirnya kami mengurungkan niat untuk mengadakan workshop di sini. Walaupun kami telah membatalkan untuk mengadakan acara, pihak resort tetap dengan ramahnya menyambut kami untuk melepas lelah. Bahkan salah satu staff Novotel berbaik hati memberikan kami "tour" keliling resort.

Lepas lelah di Novotel Resort
The Best Resort, rasanya tidak berlebihan kalau saya menyebut Novotel seperti itu. Memang saya tidak sempat merasakan bermalam di sini (semoga suatu saat saya bisa bermalam di sini), namun tour kecil yang di berikan oleh staff Novotel memberikan saya banyak gambaran tentang Resort ini. 

Cottage di Novotel Resort
Selain kamar reguler dalam bangunan bertingkat, Novotel juga menawarkan beberapa kelas cottage.Yang paling istimewa adalah cottageyang memiliki private pool. Novotel sendiri memiliki beberapa kolam renang dengan berbagai macam ukuran. Dikelilingi hijau dan rindangnya pepohonan, suasana yang tenang diiringi debur ombak dan gemerisik daun, This is the best resort.

Main Pool
Private Pool
Dengan tamu yang tidak begitu ramai, ketenangan di sini sangat terjaga. Resort ini sangat cocok untuk menyepi dengan fasilitas yang wah. Saya yang memang menyukai suasana sepi sepertinya bisa menemukan inner peacedi sini layaknya Kung Fu Panda :p. Namun saat festival Bau Nyale pun, Novotel bisa dipastikan akan penuh dengan pengunjung yang menginap. Jangan khawatir, walaupun penuh, karena Resort ini memiliki lahan yang luas ketenangan akan tetap terjaga :)
 
Lokasi Resort yang luas
Sisi selatan Lombok yang memukau dengan ketenangannya ini harus segera saya tinggalkan menuju Utara Lombok. Kerjaan menanti saya untuk 3 hari kedepan. Setidaknya hamparan laut di Tanjung Aan, cerita rakyat tentang Bau Nyale dan keramahan Novotel Resort Kuta bisa memberikan saya suntikan semangat "Bekerja sambil Liburan" untuk 3 hari kedepan :)
 
Suasana yang sepi dan tenang
Mandalika Resort
Pantai Putri Nyale
Pujut Lombok Tengah
83001 LOMBOK
Tel. (+62)370/6153333
Faks. (+62)370/6153555

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Lagi Naik Daun

Labels