PHUKET-KRABI (Day1-3)

SAWADIKAAP...diucapkan oleh masyarakat Thai setiap ketemu orang, yang entah juga penulisannya bener apa enggak, krn ada juga yang nulis SAWASDEE KA or SAWASDEE KRAB...hehehe pokonya pelafalannya SAWADIKA....So, jalan2 sebulan yang lalu, tgl 14-18 Maret ke Phuket, Thailand, it was amazing. Kita dapet tiket promo di AirAsia dan beli voucher resort disalah satu penyedia voucher.
Tanggal 14 Maret kita berangkat dari Soetta terminal 3, jam 18.00. Sampe di Phuket International Airport, hampir jam 21.00...rencana awal kita mau stay di Bandara aja sampe besok pagi, krn subuh pun kita udah harus ke Krabi, nyatanya jalur Airportnya langsung ke imigration desk, baggage claim and keluar hehehe. Jadi kita harus nginep diphuket or langsung kekrabi. O iya didalem bandara Phuket, ada stall yang bagi2 gratis kartu perdana (TrueMove) utk di thailand dengan isi 7 Baht, jadi kita cuma tinggal top up pulsa kita aja sesuai dengan kebutuhan Blackberry or Iphone.

Karena udah malem juga dan udah ga ada bis, makanya kita stay diphuket utk semalem, naik taksi minta diantar ke daerah yang deket dengan stasiun bis dan banyak hotel. Dengan ongkos 600 Baht, diantar lah kita ke Phuket Town, didrop di guest house namanya LUB SBAY. Ratenya 300 Baht perpeson, cuma 90.000 semalem krn kita juga cuma numpang tidur. Kamar cukup nyaman, tp cuma pake kipas angin, tersedia handuk (bersih) dengan kamar mandi luar. Yang ga enak, seumur-umur ga pernah masuk hotel atau penginapan merinding, lah ini koq merinding disco yah hahahaha...kebayang film setan thailand yang setannya penari itu lagi nari2 diatas ranjang...zzzzzzz.
Skip setannya, check-in jam 10.30 malam, kita cari makan, sangat murah cuma 50-60 Baht...kenyang dan pedes luar biasa. Jam 12.00 kita tidur dan bangun jam 04.00 subuh utk cari info bis ke Krabi, bus di Phuket ternyata double decker dan sangat2 bagus, dibanding bus2 Jakarta. Dengan harga tiket 140 Baht, berangkatlah kita jam 6, karena menunggu bis agak penuh, yang nyatanya ga penuh2 juga, menuju Krabi. Selama 3 jam didalam bis, siap2 aja untuk tidur, karena ga ada yang indah juga :p. cuma jalan toll, bukit kapur dan perkebunan...ga ada yang indah.

KRABI

Masuk wilayah Krabi jam 09.00, kita lanjut lagi taksi, dengan tarif 400 Baht,  karena emang ga ada kendaraan lain lagi, menuju Krabi Tipa Resort. Sekitar 30 menit kita sampe di  Resort, bener2 beda sama Phuket, disini semua bule, bahkan turis asia pun jarang, jadi wilayahnya pun sangat bersih, dan banyak banget hotel dan resort.

Blooming
Krabi Tipa Resort

The Resort
The Tipa Resort
Sampe di Resort, dipapan ada nama2 yang check-in pada hari itu dan nama gw paling atas.."welcoming Mr. Anthony, Leonard" wiiiidiiiiii hehehe, padahal kita beli voucher harga 580.000 utk 3d2n, plus tour keliling pulau dan dinner free 1 kali. Aslinya 2.800.000 loh nginep disitu :p
Sangat2 bagus tempatnya, tenang, dikelilingi tebing, kamarnya gede...gak nyesel lah.
Hari ke2 di Thai, hari per-1 di Krabi kita keliling ke pantai deket hotel, cuma jalan kaki aja nyampe. Pantainya bersih banget, pasirnya putih, gak ada jualan2 diarea berpasir, bersih banget.

Sail With Us
Krabi Beach
Tied Up
Puas keliling2 pantai, kita cari sewa motor utk jalan2 di Krabi, kita sewa utk 2 hari dikenain biaya 350 Baht
Pake motor kita coba keliling2 ke tempat yang agak jauh, ke pantai Had Noppharat Thara, ngomong ini diajarin sm mba2 penjual tiket Ferry :p

Clear Sky
Had Noppharat Thara
Dipantai ini ga sebersih Krabi, tapi tetep jauh lebih bersih dibanding pantai Jakarta, dan ada pulau disebrang yang kalo lagi surut kita bisa nyebrang dengan jalan kaki :)
Pantai Noppharat thara ini juga pool buat kapal2 ferry dan long tail boat, tour keliling pulau.
Sore2nya kita balik ke Krabi beach utk liat sunset bareng2 turis yang lain

Enjoying My Sunset
Playing With Dawn
Malem di Krabi, rame..toko2 souvenir baru pada buka, resto, club, keren deh pas malem....makanan dari yang local, sampe western lengkap, dari yang murah sampe yang mahal ada.
End of day 1 in Krabi :D
Hari ke2, paket tour jalan2 keliling pulau, jam 9 kita dijemput dan didrop di Noppharat Thara lagi, bareng dengan skitar 20 org turis lainnya, ada yg dari malaysia, bangkok, belanda, german n inggris.
Jam 10 persis kita berangkat pake Long Tai Boat yg cukup besar dipandu oleh Mr. Song.....Buat yg mau ke Thai, kl mo denger Inggris nya Thai, siap2 buka kuping lebar2 dan nalar yang cepet, soalnya bahasa Inggrisnya amat2 susah didenger, bahkan beberapa abjad di kalimat akan diganti sama mereka kaya Ladies mereka akan bilang Laedi, Please jadi Pleet....yang lebih parah Hotel jadi Hotew....@_@
First stop kita di pulau Tup Island....ini bener2 bersih airnya dan masih banyak ikannya lagi

Luxurious Boat
Ada 2 tour disana, yg 1 tour eksklusif...itu kapalnya ky yg diatas...trus ada juga tour yang standard, kenapa bilang standard (bukannya jelek) krn standardnya disana, walaupun kita naik kapal kayu, tetep dikasi makan siang loh, air mineral botol dan masih segel bebas kita ambil berapa aja, dan pas saat mau pulang dikasi nanas...nanas thai itu enak banget...gede, airnya manis

Long Tail Boat
Ini penampakan air di pulau Tup, kita bisa liat ikan2 dan ga takut dideketin ikan2 itu

Tup Island
Crystal Clear
Destinasi ke-2 itu Snorkling, sprt biasa ga ada dokumentasi disini, kita Snorkling di Chicken Island, karena bentuknya yang menyerupai kepala anak ayam jadilah namanya chicken Island
Utk snorkling, OK..airnya jernih, tapi sayang banyak bulu babi, jadi agak2 ngeri juga

Chicken Island
Next stop...Poda Island, dipulau ini kita makan siang, dan dikasi waktu cukup lama utk poto2, krn pulaunya cukup luas, dan ada batu2 karang yang strukturnya mirip di James Bond Island

Lets Sail
Poda Island
Pulau ini ampir mirip kaya Tup Island, airnya jernih dan banyak ikan2 kecil, spot paling banyak didatengin orang yang ada batu karang menjulang ditengah2 ini. Rata2 pantai disini strukturnya emang kaya gitu, banyak karang2 ditengah2 laut, jadinya ga bosen cuma liat laut lepas tapi ada gugusan tebing2 juga.
Pantai terakhir adalah Phra Nang Cave, yang ini ga terlalu rekomen, karena airnya berlumut jadi keliatan hijau pekat aja airnya...pantainya pun rame jadi ga terlalu nyaman

Mono
Phra Nang Cave
Selesai Tour, On time jam 3 kita udah sampe di pantai Krabi lagi, itu enaknya tour sama bule2 semuanya on time ga ada tuh yg ngaret2 kolor, jadi jadwalnya pas, tujuan wisata pun bisa didatengin semua dan puas...:)
Karena ini hari terakhir di Krabi, akirnya kita balik hotel, mandi n langsung jalan lagi, penasaran dengan yang namanya Tiger Cave Temple, katanya bisa liat scenery dari atas bukit dan ada patung Budhanya gede banget. Estimasi 45 menit, molor jadi hampir 1 jam setengah....FYI petunjuk jalan disana dalam tulisan kruwil2 semua, dannnnn penduduk yang agak jauh dari tempat wisata itu sama sekali ga bisa berbahasa Inggris, jadi selamat mencari.
Setelah ngubek2 dan akirnya menemukan nama lokal kuil tersebut, akirnya ada penduduk yang ngeh. Tiger Cave Temple atau Wat Tham Sue nama lokalnya, didalem lokasi kuil ini ada Monastrynya juga jadi banyak biksu2 yang jalan2 kalo sore2
Kabarnya patung Budha diatas bukit ini harus ditempuh dengan naik tangga sebanyak 1.273 anak tangga. Jangan bayangin tangga dengan proporsi yang bagus, tangganya beneran gak proporsi tingginya dan sangat curam. Belum lagi ditambah monyet2 buntut panjangnya ....zzzzzzz
Dengan semangat kita udah bawa bekel 3 botol air aqua utk naik keatas ngejar sunset...baru ditangga ke 100 sekian, dateng deh tuh kawanan monyet narik2 botol aqua, jadinya bekal 3 botol tinggal 1 botol dan masih ada sisa 1100 anak tangga naik dan 1273 anak tangga turun....MAKASI BANYAK... ga jadi naik :p

Tiger Cave Temple
Unleashed The Dragon
Wat Tham Sue
Beberapa foto di lokasi kuil yang ada dibawah bukitnya, diujung ada 1 bangunan dengan patung Dewi Kwan Im yang cukup besar.

Monk's Life
Selesai dari Tiger Cave, krn udah cukup gelap juga, akirnya kita langsung pulang ke Krabi, paket makan malam gratis dan keliling2 krabi lagi liat2 ramenya malem :)