PETUALANGAN BARU DI CILETUH : PANTAI PALANGPANG (9-10 AGUSTUS 2014)


Pantai Palangpang adalah muara dari aliran sungai Curug Cimarinjung. Setelah dari lokasi Cimarinjung, perjalanan kami teruskan sekitar 10 menit untuk tiba di hamparan pasir Pantai Palangpang. Sepanjang perjalanan, jika kita melihat ke arah belakang kemegahan Curug Cimarinjung masih terus dapat dinikmati bahkan semakin indah dengan adanya persawahan dan rumah-rumah kecil sebagai foreground dari pemandangan Curug Ini.

Panorama Palangpang
Menuju Palangpang


Bibir pantai yang berbentuk tapal kuda ini di dominasi oleh pasir yang tidak berkarang, mungkin ini pertama kali saya melihat garis pantai yang sangat luas dan panjang, Santolo (Garut), Legon Pari (Sawarna) bahkan Cipanarikan (Ujung Genteng) pun tidak seluas ini. Bayangkan jika lokasi seluas ini di kelola dengan baik pasti sudah banyak berdiri cottage-cottage di pinggir pantai yang ombaknya masih terbilang cukup aman untuk berenang. Sayangnya, karena Pantai ini adalah muara dari aliran sungai Cimarinjung yang berwarna coklat, imbasnya air laut jadi terlihat keruh bertanah, mungkin ini salah satu penyebab pengunjung juga agak malas untuk berenang di sini.

Muara
Pantai  Palangpang ini memiliki beberapa spot menarik untuk di kunjungi. Pertama adalah viewCimarinjung dari arah bibir pantai. Perpaduan yang indah antara pasir pantai, muara sungai, hijau persawahan dan tebing yang dibelah oleh aliran Curug.

Cimarinjung dari Palangpang
Kedua adalah Batu Belah. Spot ini bisa kita lihat dari atas Puncak Darma. Jika kita melihat ke arah kanan saat berdiri di ujung Puncak Darma, maka terlihat lah batuan-batuan yang tersebar di bibir pantai. 

Batu Belah

Untuk Spot lainnya, yang kebetulan tidak kami kunjungi adalah gugusan pulau-pulau kecil yang berada di lepas pantai Palangpang. Untuk menuju ke pulau-pulau ini, nelayan setempat bisa mengantar kita dengan biaya sewa sekitar 300.000. Mahal?? Sepertinya tidak, karena dengan biaya 300.000, tidak ada durasi yan ditetapkan oleh pemilik perahu, jadi misal pengunjung mau berkeliling sambil menunggu sunset di pulau-pulau luar, silahkan saja asal tetap ingat pulang :). Ada pun beberapa pulau yang sudah mulai terdengar gaungnya adalah Pulau Mandra dan Pulau Kunti. Dipulau Kunti ini lah pengunjung bisa berenang dengan kondisi air yang sudah jernih. Kabarnya di pulau ini nantinya akan dijadikan tujuan wisata bagi yang ingin snorkling menikmati indahnya bawah laut.

Panorama batu Belah
Secara posisi yang menghadap ke Barat, Pantai ini cocok di jadikan tempat untuk menunggu sunset, dengan view ke laut lepas, sepertinya pas untuk menunggu matahari terbenam di balik horizon. 

Garis Pantai Palangpang
Keberadaan Palangpang ini sangat cocok dijadikan wisata selingan diantara wisata curug yang banyak jumlahnya. Bosan dengan dataran tinggi, kini kita disajikan dengan bibir pantai yang luas dan indah. Seperti yang sudah saya bilang, wisata ke Ciletuh itu seperti belanja beli 1 gratis 1 lalu dapat diskon 50%+20% :p. Semua tersedia lengkap di lokasi ini dengan keseruan yang berlipat ganda.

Offroad
Rute Menuju Pantai Palangpang


Sekretariat PAPSI :
Jl. Raya Tamanjaya No. 09 Rt. 001/Rw. 001
Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas
Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat 43177

Phone : 081323341341
Email : papsi.rizoid@gmail.com


http://www.papsiciletuh.blogspot.com/
facebook.com/papsiciletuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Lagi Naik Daun

Labels