DI SAWARNA SEMUA ADA : GOA LANGIR (25-27 April 2014)


Sekarang ini siapa yang ga tau Sawarna, desa di wilayah Banten, kecamatan Bayah. Desa Sawarna yang terpadu dan punya "sejuta" lokasi untuk dikunjungi, Pantai (pastinya), sungai, sawah, goa, olahraga ekstrem, sampe cerita mistis....you named it they have it.

Menurut Pak Ade (pemilik Homestay Widi tempat kita nginep) Wilayah Sawarna udah dilirik utk jadi potensi wisata sejak awal tahun 2000-an. Dengan pantai memanjang plus pasir putih, spot sunsetdan sunrise, ditambah ombak besar, bukan cuma wisata lokal aja yang dateng, wisatawan asing pun banyak yang kagum2 sama wilayah ini.

Tebing Goa Langir


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Tempat terakhir yang kita kunjungi di Sawarna, yaitu Goa Langir. Untuk menuju ke lokasi ini, kita harus keluar dari wilayah pemukiman dan penginapan. Lokasinya agak sedikit berpisah dari spot pantai yang lainnya. Karena sekalian pulang, jadinya kita naik mobil +/- 10 menit ke arah Barat, di sebelah kiri nanti ada gapura "Selamat Datang di Objek Wisata Goa Langir". Ada biaya retribusinya (gw ga tau berapa krn waktu itu sudah jadi 1 paket wisata kita, kayanya sekitar 5000,-)

Selepas gapura ini, kita masih harus menempuh perjalanan menembus hutan yang ga terlalu lebat dan barisan bukit kapur. Ternyata di wilayah ini, selain ada Goa Langir, banyak juga Goa2 lainnya. Sepanjang perjalanan kita bisa liat mulut2 Goa dengan papan nama seadanya trus dijaga sama pemandu wisata lokal dan penyewaan senter.

Beberapa Goa yang sempet kita lewatin adalah Goa Harta Karun (entah ini bener nama aslinya atau cuma memanfaatkan rongga bukit untuk jadi lokasi wisata abal2an) Yang kedua adalah Goa Seribu Candi, kalo ini memang sering di bahas dan di jadikan salah satu objek tujuan wisata di Sawarna. Katanya di Goa ini, stalagtit dan stalagmitnya berbentuk menyerupai candi2. 

Akses Masuk
Setelah melewati jembatan kecil, jalanan beraspal nya berakhir dengan parkiran mobil dan beberapa warung. Persis di belakang warung2 itu, hamparan pasir putih luas banget menuju pantai. Buat bersih, pantai ini paling bersih dibanding pantai2 yang lain. Karena lokasinya yang agak jauh mungkin orang juga males kesini akhirnya. Belum lagi cerita2 mistis yang beredar, kabarnya dulu shooting Jenglot Pantai Selatan itu di Goa Langir ini, dan cerita dari salah satu teman yang pernah kesini, salah satu rombongan mereka ada yang kesurupan. Waspada aja deh kalo di tempat2 begini, jangan ngomong jorok dan yang penting pikiran jangan kosong.

Pantai Goa Langir
Tebing
Buat yang suka dengan pasir putih yang lembut, disini pas banget deh. Tapi buat yang mau berenang, hati2 ya, sudah ditulis peringatan untuk tidak berenang disini karena ombaknya besar banget. Mendekati pintu masuk Goa Langir, kita akan berhadapan sama tebing hijau, disini pasnya buat orang2 yang mau ke pantai tapi ogah panas2an (dirumah aja kali). Tebing yang ditumbuhi tanaman2 ini bikin kita ngerasa ga lagi ada di pantai karena menghalangi sinar matahari dan anginnya lebih sejuk disini.

Utamakan Keselamatan
Pantai Goa Langir 2
Dibalik pepohonan inilah pintu masuk menuju Goa Langir, dibanding Goa Lalay, Seribu Candi atau Harta Karun, pintu masuk Goa Langir terkesan gagah banget, besar dan menjulang tinggi. Dari pintu masuk ini aja kita bisa ngerasain tetesan air yang jatuh dari tebing di atas. Ditambah udara yang adem, suasana mistisnya berasa banget hehe. 

Pintu Masuk Goa Langir
Goa Langir
Karena keterbatasan  waktu kita ga bisa masuk ke dalam Goa Langir, selain itu juga kita ga berniat untuk nyewa pemandu untuk nganter kita ke dalam. Katanya sih Goa Langir ini Goa kering, bukan Goa nasah seperti Lalay.
Adventure is Out There
Perjalanan ke Sawarna ditutup dengan sempurna banget di Goa Langir, pantainya indah, sepi, super keren. Dari kejauhan kita juga bisa liat icon Sawarna, Tanjung Layar. 

Pesisir
Sawarna, surga tersembunyi di Banten. Semoga bisa terus di jaga oleh masyarakat setempat dan yang paling penting oleh pengunjung kaya kita, biar tetap jadi Surga :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Lagi Naik Daun

Labels