DI SAWARNA SEMUA ADA : CIANTIR (25-27 April 2014)


Sekarang ini siapa yang ga tau Sawarna, desa di wilayah Banten, kecamatan Bayah. Desa Sawarna yang terpadu dan punya "sejuta" lokasi untuk dikunjungi, Pantai (pastinya), sungai, sawah, goa, olahraga ekstrem, sampe cerita mistis....you named it they have it.

Menurut Pak Ade (pemilik Homestay Widi tempat kita nginep) Wilayah Sawarna udah dilirik utk jadi potensi wisata sejak awal tahun 2000-an. Dengan pantai memanjang plus pasir putih, spot sunset dan sunrise, ditambah ombak besar, bukan cuma wisata lokal aja yang dateng, wisatawan asing pun banyak yang kagum2 sama wilayah ini.
Pantai Ciantir



~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Masih di pesisir bagian Barat dari desa Sawarna, setelah dari Tanjung Layar, lanjur ke Pantai Ciantir. Letak pantai ini lebih dekat dengan pemukiman, boleh dibilang ini adalah pesisir pantai terbesar dibanding pantai lainnya. Bibir pantai dengan hamparan pasir putih yang luas banget, cocok banget buat leyeh2 di pasirnya yang halus dan masih terbilang bersih.


Gapura Menuju Ciantir
Dari arah penginapan, untuk menuju ke Pantai Ciantir ini cukup jalan kaki +/- 15 menit, ngelewatin Gapura, sedikit sawah trus masuk ke jalan berpasir, ketemu warung-warung  sampe deh di hamparan pasir putih Pantai Ciantir. 


Ombak Ciantir
Pantai dengan pasir putih yang luas ini bisa jadi lokasi yang pas banget untuk gegoleran di pasir a.k.a sun bathing atau mau lari sana sini main sepak bola atau volley pantai. Secara lokasi, pantai ini paling pas untuk semua aktivitas, selain yang tadi disebut, ombak di pantai ini juga bagus untuk surfing trus kondisi pantainya pun ga berkarang makanya banyak bule dateng ke pantai ini. 


Surfing
Untuk sekedar berenang2, harus agak sedikit waspada di sini, karena ombak yang besar dan ga ada nya karang pemecah ombak (kaya di Beureum atau Tanjung Layar). Waktu kita di sana ada 5 anak muda yang hampir tenggelam terserat ombak, untungnya ada 2 bule surferyang bisa ngangkat mereka ke daratan, hebat yah 5 orang tenggelam di tolong oleh 2 orang bule dan ditonton oleh 1 kampung orang lokal.


Ombak Ciantir 2
Di pantai ini juga jadi salah satu tempat untuk nelayan melaut, karena kita datengnya pagi, kita bisa liat beberapa nelayan baru pulang melaut. Barisan kapal nelayan di pinggir pantai juga bisa jadi objek yang menarik buat poto2 hehehe.


Perahu Nelayan
Pulang
Overall, Pantai Ciantir ini paling "pas", deketnya pas buat yang males jalan. Banyak warung, pas buat yang sering laper akut. Hamparan pasirnya pas buat main2 pasir, olahraga atau sekedar males2an. Ombaknya pas buat yang mau main surfing (katanya sih levelnya cukup tinggi untuk yang surfingdisini). Buat motret juga pas dengan banyaknya objek, ga sekedar landscape tapi ada human interest-nya juga. Pas buat sunset-an juga karena masuk wilayah bagian Barat dari desa Sawarna. Terakhir buat yang lagi galau juga pas kalo mau menyudahi kegalauannya dengan cara diseret ombak.


Adventure is Out There
Masih ada 1 pantai lagi yang letaknya agak jauh yaitu Pantai Goa Langir :). See u in next posting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Lagi Naik Daun

Labels