KARIMUNJAWA : Dari Kulit Gosong Sampe Bulu Babi (Day 3 & 4)

Move to day 3, badan udah mulai geseng bin gosong semuanya. Merah2 gajebo gitu hehehehe. Hari ini planning kita kearah Timur, Mas Sigit sempet nanya ke kita mau tetep jalan gak? soalnya ombak besar... Ga mau rugi teteplah kita berangkat, wiiii ternyata beneran ombaknya gede sampe harus dibagi2 duduknya sesuai berat badan dan berat dosa biar kapalnya imbang.  Rute pertama cukup jauh ke arah Pulau Luar, tapi beruntung pas perjalanan pulau Gosong yang kadang nongol kadang ilang itu lagi nongol, jadi kita stop dulu disini, main2 di pulau Gosong, sebenernya ini cuma gugusan pasir yang kalo air laut lagi surut nongol deh tuh dia. Kapal pun ga bisa berenti dekat dengan pasirnya jadi kita harus jalan kaki baru bisa sampe ke gundukan pasir pulau Gosong.

Pulau Gosong

Lanjut perjalanan sekitar 30 menit lagi, sampe kita di pulau Kecil, ga berpenghuni tapi justru bagusnya itu, dari pantai aja terumbu n ikan2nya udah banyak banget, termasuk ikan genit yang ada di kolam hiu itu, ada juga disini, Kima, kerang yang kita makan kemaren malem sampe teripang AKA Haisom, liat aslinya geli yah, lengket2 item gitu bentuknya kaya Poopoop hehehehehe, tapi kalo dah masuk resto muahal harganya :p

Pulau Kecil
Sesuai saran Mas sigit, disuru nyemplung dari dermaga yang dalemnya sekitar 3-5 Meter, beneran super indah, terumbunya warna warni banget, dan yang paling keren dibawah itu banyak ikan2 kecil yang lagi schooling. Itu loh kaya ikan2 di Finding Nemo yang jadi penunjuk arah yang bisa berubah2 bentuk jadi Opera House sydney, nah ikan itu banyak banget dibawah kita.

Dermaga Pulau Kecil
Terumbu Pulau Kecil
Abis dari pulau Kecil, kita menuju Pulau Tengah, ga jauh ga sampe 30 menit sampe ke pulau ini. Sekalian makan siang disini, again menunya ikan bakar, kali ini minumnya dibawain es kelapa...seger banget. Gw suka banget ikan bakar yang fresh dan masi bau2 asep gitu heheheh, plussss sambel kecap yang enak banget.

Pulau Tengah
Setelah dari Pulau Tengah, langsung balik ke arah wisma apung, penginapan, deket dengan Karimun, ada beberapa kamar plus AC dan ada juga penangkaran hiunya, disini hiunya lebih subur2 hehehe, trus ada juga penyunya plussss ikan genit yang suka gigit2 ga jelas.

Penangkaran Hiu Wisma Apung
Didepannya wisma apung ini juga bisa buat snorkling, hebat ya Karimun dimana2 ada spot snorklingnya, tapi kudu ati2 krn agak banyak bulu babinya, menurut Weni sih dispot ini dia nemuin soft coral plus dapet doorprize kena bulu babi heehe, gpp lah wen, lulusan perikanan kan kudu "intim" sama makhluk laut :p
Jam 5, kita balik menuju Karimun, nunggu sunset di alun2 sambil makan bakso ikan. Cukup sukses n seneng dapet sunset di hari ke 3 ini, langitnya mantabssss.

Sunset at Alun Alun
Sunset at Alun Alun 2
Sunset at Alun Alun 3
Sunset at Alun Alun 4
Hari terakhir rencana kita subuh liat sunrise, tapi gw ga bangun hahahha lagian ujan juga. Akhirnya jam 8 setelah sarapan, Mas Sigit bawa motor untuk keliling2 pulau Karimun ke arah Timur, lumayan juga perjalanannya cukup jauh lewatin perkampungan sampe lewatin bukit yang agak terjal, berat juga buat motor naik keatas...tapi untungnya tetep sampe, selamet hehehe. Kita mampir ke pantai Legon (teluk)  Lele,  agak kotor sih tapi lumayan lah,  Perjalanan balik dari Pantai Timu, kita mampir di Nirwana Resort, keren banget nih resort, ya namanya resort harganya juga lumanyun lah.

View from VIP Room
Ada 1 kamar VIP dengan harga 1.7 jt permalam, dindingnya kaca semua dan adanya paling atas, jadi bener2 private...pas banget buat yang honeymoon hehehhe. Resort ini juga punya pantai yang boleh dibilang private beachnya mereka, jadi bule2 seneng banget tuh disini. thanks lagi buat Mas Sigit karena dengan negosiasi kita boleh liat2 didalem Resort ini.

Nirwana Resort
The Tourist
2 Human Being

Nelayan
Setelah dari Pantai Timur kita nyebrang ke arah barat sampe menyebrang ke arah Pulau Kemojan, cuma dipisah jembatan kecil antara pulau Kemojan dan Karimun ini, lewatin hutan mangrove juga trus sempet mampir ke situs rumah adat di Karimun, banyak ukir2an khas Jepara gitu. Terakhir kita mampir ke Legon Bajak,yang letaknya disisi timur Pulau Kemojan,  dermaga yang katanya kalo angin barat dan ga memungkinkan melabuh di dermaga utama, maka kapal2 melabuhnya disini.

Jam 10.30 kita menuju balik ke penginapan, beres dan makan siang terakhir, kita pengen nyobain makan diwarung2 makanya makan siang terakhir kita udah ga disuguhin lagi. Sekitar jam 1 kita udah standby di dermaga untuk naik kapal, perjalanan 2 jam menuju Jepara....bye2 Karimun :p.
Sampe pelabuhan Kartini, kita naik becak kearah terminal, tarifnya Rp. 15.000,- gapapalah secara yang diangkut badannya penuh sebecak, kecuali weni yang bisa disempilin hihihi, becanda wen. Berasa jadi peserta Amazing Race deh naik becak buru2 ke terminal untuk ngejar bis hehehe, sialnya sampe terminal ternyata Shantika udah sold out, terpaksa kita switch ke bis lain, kita naik Bus Selamet, buat gw pribadi, sangat2 tidak nyaman naik bis ini, jarak antar bangkunya sempit banget, acnya bocor, dan wcnya semerbak, dan yang paling parah mereka menjanjikan kita turun di Lebak Bulus, ternyata busnya nyampe Jakarta langsung aja masuk Pulo Gadung gitu, well biarlah, gw ga mau merusak liburan 4 hari gw di Karimun gara2 si "Selamet".
Soooo kesimpulannya, Karimun keren banget, pantainya masi bersih banget, terumbunya juga masi luas dengan ikan2 yang banyak ragam. Tapi kudu siap gosong, mo pake sunblock tebel kaya apa juga pasti gosong aja. Karimun wisata yang lengkap deh, ada pantai, bukit, mo sosialisasi sama warga juga ramah2 dan yang pasti makanannya enakkk :D (I miss kerupuk gendar dan ikan bakar)
Buat transportnya bisa naik pesawat, kereta atau bus, ke arah Jepara. karena kita naik bus, Shantika itu bagus banget, nyaman harganya cuma Rp.120.000. Untuk kapalnya kita naik kapal cepet, tiketnya Rp. 85.000,- 2 jam sampe. Mungkin nanti mau ada kenaikan harga tiket lagi karena kapalnya akan diganti dengan yang lebih besar.
Buat paket selama kita disana, kita di bantu oleh Mas Aris pinnya 28BB1108 nah yang punya semua fasilitas kapal, ngurusin makan dan mencarikan kita penginapan disana itu sebenernya mas aris ini, murid dari mas sigit(maap ga bisa mention harganya krn kita dpt price khusus dengan treat khusus hehehe) tapi yang pasti harganya murah koq kisaran 700-800rban lah. Bisa dinego juga kita mau jenis penginapan yang sperti apa, transport yang kaya apa...yang pasti harganya bisa dinego sesuai budget
Terimakasih banyak buat Mas Sigit, host kita disana, terima kasih Lobster super enaknya hehehe. Mas Aris buat paketnya yang murmer asoy. Mas eko yang gape banget ngendaliin perahu hehhe, Rahman, Weni, Honey dan orang tuanya Honey...terima kasih buat liburannya, lain kali kita ke gunung yaaa, cari suasana baru heheheh. 1 kurangnya liburan kemaren...GA BISA PINJEM KAMERA UNDERWATER T_T