SENSASI UNIK DI RUMAH BAWAH TANAH GALA-GALA

Pernah terpikir untuk tinggal di bawah tanah? Sebelum memutuskan ada baiknya kita mencoba memasuki Underground House atau Goa Gala-Gala di Nusa Lembongan. Rumah yang terinspirasi dari cerita Mahabarata ini bisa menjadi selingan wisata yang unik saat saya sudah mulai sedikit "kenyang" menikmati aroma pantai dan sengatan matahari. 

Labirin bawah tanah
Cukup mudah menemukan rumah ini, di mulut gangnya tertera papan bertuliskan Underground House. hanya berjarak 100 meter dari mulut gang, Goa Gala-Gala ini terletak di sisi kiri jalan. Memasuki areal Gala-Gala, saya disambut papan besar yang berisikan sejarah pembuatan Goa Gala-Gala. Adalah Mangku Byasa seorang Petapa Hindu yang membuat Rumah bawah tanah ini dalam kurun waktu 15 Tahun (1961-1976). Beliau terinspirasi dari fragmen cerita Mahabarata saat Pandawa melarikan diri dari Korawa dengan membangun rumah di bawah tanah. Hebatnya Mangku Byasa membangun rumah seluas 500 meter persegi dengan 7 pintu masuk dan 3 ventilasi hanya berbekal linggis.

Pintu masuk utama
Pintu masuk lainnya
Di bagian atas dari Goa Gala-Gala ini terlihat seperti rumah pada umumnya dengan halaman yang ditumbuhi pohon, tetapi memang di beberapa sudut terdapat lubang-lubang menganga sedalam 3 meter sebagai akses pintu masuk menuju Gala-Gala. Begitu menuruni tangga, yang terlihat pertama kali adalah pilar-pilar tanah dan cabang ke segala arah. Untungnya ada keluarga dari Eropa yang ikut turun bersama saya. Saya pasti mengurungkan niat saya jika hanya sendirian di dalam rumah Gala-Gala. 


Proses pembuatan selama 15 tahun
Salah satu lubang ventilasi
Jalan di dalam lebih mirip Labirin di banding sebuah rumah, walaupun begitu, dalam Goa ini lengkap dengan ruang tidur, ruang makan dan ruang tengah dengan kursi yang semuanya di pahat kasar dari batu yang ada di dalam tanah. Banyak cerukan-cerukan dinding yang katanya dulu di gunakan oleh Mangku Byasa bersemedi, bahkan katanya Sang Mangku Byasa meninggal di dalam rumah Gala-Gala ini. Keadaan di dalam saat itu sangat panas, ditambah langit-langit Goa yang hanya setinggi 1.5 meter rasanya hampir habis nafas di dalam Goa ini.

Ruang tamu
Saya tak sanggup menjelajah semua wilayah Goa karena oksigen yang sedikit dan udara panas. Begitu menemukan lubang menganga saya langsung memanjat keluar. Seperti Mario Bross saya entah muncul dimana yang ternyata saya terpisah jarak sekitar 20 meter dari tempat masuk saya.

Hati-hati tersesat di dalam goa
Tertarik untuk mencoba tinggal di bawah tanah?
Note :
- cahaya di dalam Goa tidak seterang di photo 
- perhatikan jarak antar pengunjung saat di dalam Goa, jangan terlalu jauh jika takut tersesat dan jangan terlalu dekat karena dapat dipastikan hidung anda akan menempel di maaf (bokong) pengunjung di depan Anda :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Lagi Naik Daun

Labels