PETUALANGAN BARU DI CILETUH : CURUG AWANG (9-10 Agustus 2014)

Curug Awang adalah salah satu curug dari aliran sungai Ciletuh. Selain Curug ini ada 2 curug lain yaitu curug Puncak Manik dan curug Tengah yang berada satu aliran sungai Ciletuh, ketiga curug ini berada di wilayah desa Taman Jaya. Untuk menuju lokasi curug Awang, bisa menggunakan mobil biasa (bukan offroad) karena keadaan jalan yang masih cukup bagus. Dari Sekretariat PAPSI berjalan ke arah Selatan +/- 10 menit, lalu ada belokan ke arah kiri dengan penunjuk "Curug Awang". 


Curug Awang


Dari sini jalanan agak sedikit berbatu dan melewati kebun pohon kelapa yang cukup luas. Cukup 5 menit, ketemu pertigaan kecil jalan setapak yang agak menurun,  pemandu kami Kang Boyo (anggota PAPSI) bilang "mobilnya ditinggal aja di sini mas". Agak was-was juga ditinggal di pinggir jalan, selain karena takut hilang kami juga khawatir terserempet dengan truk pengangkut  hasil kebun yang lalu lalang di jalan itu, tapi nyatanya di tinggal hampir 5 jam, mobil kami aman tanpa tergores :).


Pematang Menuju Curug Awang
Dari tempat parkir mobil darurat itu kami mulai jalan kaki di jalanan berbatu yang sedikit menurun. Ga begitu jauh, ga sampe 5 menit, kami tiba di 1 pondok kecil milik Ibu Masliyah, pembuat gula aren. Saya harus banyak berterima kasih dengan Ibu ini..kenapa??? Nanti juga tau :p hehehe. Dari Pondok Ibu Masliyah kami sudah bisa melihat hamparan sawah, yang sayangnya habis panen, jadi yang tersisa cuma susunan terasering kosong berair saja, tapi percaya, tetep indah pemandangannya.

Curug Awang di Kejauhan
Curug Awang Dari Atas
Dari Pondok Ibu Masliyah, kami turun menuju sawah dan harus melewati jembatan batang pohon yang melintas diatas kali kecil, 3 kali melangkah juga sampe. Setelah lewat jembatan mini ini, kami belok ke arah kiri. Ga jauh dari sini, Curug Awang sudah bisa di lihat dari atas. Ada yang bilang untuk datang kesini pas musim hujan, jadi curugnya akan terlihat seperti Niagara mini, airnya akan turun dari semua sisi tebing dengan tinggi 40 Meter dan lebar 60 Meter. Buat saya justru uniknya air terjun ini ya saat kemarau, karena keliatannya cuma ada 2 air terjun nyempil di pojok kanan berdempetan dengan barisan tebing warna merah di sebelah kirinya, balik lagi ke selera masing-masing :). 


Batuan Purba Curug Awang
Tebing Curug Awang
Perjalanan sekitar 15 menit menyusur pematang sawah, kami boleh sombong kalau perjalanan ke Curug Awang ini gampang banget, ga pake nanjak, ga pake serodotan, cukup jalan di pematang sawah saja, itu pun dalam kondisi sawah yang rata. Setelah itu akan sedikit masuk hutan, tapi ibarat makan Ramen-Ramen pedas, ini masih level 2 #sombongselangit


Hutan Kecil Menuju Curug Awang
Sampai di pelataran Curug Awang, kami cuma bisa bilang, KEREENN!!! Biarpun Airnya warna coklat ala kopi susu karena pengaruh batu dan tanah di wilayah sana memang berwarna merah jadi berimbas ke air sungai yang warnanya jadi coklat kemerahan, tidak mengurangi indahnya air terjun ini. Justru karena warna-warna ini lah yang bikin curug-curug di Ciletuh beda dari yang lain, warna biru langit, hijau pepohonan, tebing merah dan air terjun warna coklat, pokoknya you will not get this in other places


Panorama Curug Awang
Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, Curug Awang ini curug termudah untuk di kunjungi, batu-batu di sungainya pun berjarak deket satu sama lain, jadi memudahkan kita untuk pindah dari 1 spot ke spot lain untuk mencari angle foto yang bagus.
Beberapa liputan di internet bilang kalo Awang ini lebih indah diliat dari atas, karena bentuknya yang melebar itu. Buat saya, dari atas maupun dari bawah sama sama indah. Ga cuma hanya bisa liat curug tapi juga bisa liat pematang sawah, belajar catwalk di pematang sawah juga bisa :p. 


Adventure is Out There
Yang pasti kalo udah sampe lokasi dan objek tersebut bisa dinikmati dari dekat, kenapa juga harus diliat dari jauh.

Rute Perjalanan Menuju Curug-Curug
Sekretariat PAPSI :
Jl. Raya Tamanjaya No. 09 Rt. 001/Rw. 001
Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas
Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat 43177

Phone : 081323341341

Email : papsi.rizoid@gmail.com

http://www.papsiciletuh.blogspot.com/
facebook.com/papsiciletuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Lagi Naik Daun

Labels