DUSUN BAMBU-LEMBANG (1 Maret 2014)


Bandung kayaknya harus mulai berpikir untuk mengganti plat nomornya jadi B deh, pas kan tuh B=Bandung. Weekend di Bandung itu sama aja kayak Weekdays di Jakarta, macet di semua tempat, apalagi di Kotanya, selamet deh....
Weekend kemarin, tanggal 1 Maret, trip dadakan yang berhasil mengumpulkan 4 Bolang utk bermacet2an ke Bandung hehehe. Total perjalanan dari Jakarta ke Bandung itu hampir 5 jam, 2 jam tersendat dari Pasteur ke arah Lembang. Kalo mau ngerasain udara gunung, ya udah cuma Lembang doank yang masih berasa hawa gunung dan hawa liburannya.

Saung Purbasari

Lembang ni terkenal banget dengan cafe2 atau penginapan yang menawarkan udara sejuk pegunungan dengan pemandangan alam sekaligus kota Bandung, kemarin, hasil browsingcepat, kita nemuin satu tempat yang baru buka, namanya Dusun Bambu. Tepatnya di Jalan Kolonel Masturi-Lembang, gampang koq cari lokasi ini, banyak petunjuknya, spanduk2 kecil warna merah. Kalo udah nemu gapura tulisan KOMANDO, nah masuk situ deh, 500 meter dari depan, ketemu tuh Gatenya Dusun Bambu.

Gerbang Utama

Dusun Bambu ini baru buka blum lama, bahkan penginapannya pun blum beroperasi, kabarnya sih akhir Maret ini, penginapannya baru dibuka untuk umum. Tiket masuknya Rp 10.000/orang, buat kendaraan juga Rp 10.000. Setelah parkir kita disambut sama tugu dari bambu. Buat menjelajahi Dusun Bambu, pengelola menyediakan mobil wisata, gw sendiri sih prefer jalan kaki, gak jauh koq, udah gitu bisa lewatin jembatan bambu diatas sawah, lebih seru. Pluuus setelah 5 jam duduk, give my "back" a break lah, bisa kempes kalo kelamaan duduk :P.

Saung
Area Sawah
Dusun Bambu ini terbagi2 beberapa lokasi dengan nama masing2, kita bahas satu-satu yah

1. Kafe Burangrang

Burangrang
Namanya sesuai dengan nama Gunung yang bisa kita liat dari Kafe ini. Cukup seru kafenya, dengan kaca2 besar jadi walaupun kita duduk di area dalam kafe, tetep bisa ngeliat view tanpa terhalang tembok (sayangnya kita dateng kepagian jadi ga bisa foto didalem :(, kafe ini baru buka jam 11). Selain itu view dari balkonnya juga seru nih, sambil nikmatin angin gunung yang sejuk hehe. Uniknya kafe ini, kita juga bisa milih lokasi untuk kita makan, mau di Saung di pinggir danau atau nangkring di atas pohon ala2 Lutung hehe, pastinya harus reservasi dulu.

Burangrang's Balcony View
Burangrang's Balcony
 2. Saung Purbasari

Saung Purbasari 2
Makan disini, kenyang perut, mata juga kenyang deh, viewnya indah euy. Ada 2 cara untuk kesini, bisa jalan kaki atau nyebrang pake sampan, fasilitas free dari kafe Burangrang, atau buat kita yang cuma mau keliling2 danau, biayanya sukarela, langsung dikasihkan ke Akang yang dayung sampannya. Lucu2 ngeri sih naik sampan kayu ini, berhubung yang naik Mantep alias Makan Tempat semua, permukaan air ke sampan paling tinggal sisa sejengkal lagi, masuk 1 orang lagi tenggelem deh tuh sampan :0

Saung Purbasari 3
3. Lutung Kasarung

Lutung Kasarung
Ini buat yang mau makan dengan tempat yang unik. Kalo diliat seklias, bangunan mirip telor raksasa ini kaya melayang diantara pohon2. Jadi kita kudu lewatin jembatan kayu untuk ke tempat ini. Terbuat dari ranting2 pohon yang di anyam, dalemnya cukup nyaman buat ngobrol sore plus minum2 cantik. Cukup keren sih, baru pertama nih liat konsep makan ala2 Lutung, nangkring di pohon.

Inside Lutung Kasarung
My Journey
4. Pasar Tradisional

Pasar Tradisional
Namanya aja pasar tapi bangunannya sih lebih mirip swalayan, dengan kaca2 besar, didalem jualan macem2, mulai dari produk makanan sampe suvenir. Makanan tradisional kayak otak2, tahu gejrot, kerak telor juga ada, dibuat langsung begitu kita pesen.
Disamping Pasar ini ada tanah lapang luas, khusus menyediakan permainan2 ndeso,  kayak egrang, bakiak, becak2an, mo nyobain jadi ondel2 juga bisa.

5. Cottage dan Camping Ground
Khusus yang ini emang belum dibuka untuk umum, ratenya, kalo menurut salah satu staff yang kita tanya itu sekitar 1.4-3 Jtan. Menurut gw yang unik sih Camping Groundnya, karena hanya berdasarkan penjelasan lisan dari sih mas2 staff, gw sih bayangin ini bangunan yang dibuat mirip bentuknya tenda. Sudah disediakan sleeping bag oleh pengelola, bisa memuat sampai 6 orang (lumayan kalo 1.4 jt bisa buat ber 6) plus masing2 memiliki Kamar mandi sendiri, jadi buat yang mau PUP ga usah ngorek2 plus ditimbun pake tanah hehe.

Dusun Bambu
Dengan area yang luas, konsep yang mateng (unik dan menarik), fasilitas cukup lengkap (mungkin kedepan akan ada banyak fasilitas baru karena luas lahan yang masih banyak belum digarap) kayanya Dusun Bambu bisa terkenal nih. Buat cari suasana yang desa, udara sejuk, pas deh disini :) dan tenang aja, walaupun namanya Dusun Bambu, pohon bambunya juga gak banyak koq, jadi ga suah takut, ini bukan sarangnya Kunti hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Lagi Naik Daun

Labels