JOURNEY TO THE EAST : IJEN CRATER (3rd stop)

Gunung Ijen, lebih ngetrendnya mungkin Kawah Ijen, letaknya di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, ujung Timurnya Jawa. Biasanya kalo naik pesawat mau ke Bali dan cuaca cerah, keliatan deh tuh kawah Ijen yang warnanya ijo tosca. Gunung Ijen ini merupakan gunung berapi yang masih aktif dan menurut penduduk lokal, dari 3 barisan gunung aktif di lokasi ini, cuma Ijen yang meletus dan sukses ngebuat kawah besar ditengahnya.
Penambang Belerang
Untuk menuju Ijen, dari arah Banyuwangi kita kudu ngelewatin hutan2, dan untungnya keadaan masih siang. Kebayang kalo malem harus lewat situ, ga ada penerangan jalan sama sekali.

Menuju Paltuding
Pos Paltuding di ketinggian 1800m/dpl itu jadi basecamp buat yang mau nanjak ke Ijen. Di Pos ini kita kudu lapor dulu ke pengurus, urus tiket masuk, tiket kamera, penginapan dan pemandu. Untuk pemandu kalo saran gw sih pake aja, apalagi kalo kita mau naiknya tengah malem, daripada sok2an belagu tau2 lu kenapa2 di atas gunung, pulang tinggal nama cuma gara2 kepleset batu nyebur jurang kan kagak lucu. Pemandunya juga murah koq sekitar Rp.150.000,- atau kalo mau kasih lebih juga gapapa, gw bilang murah karena mereka bertanggung jawab penuh sama keselamatan kita, karena menurut mereka, kalo sampe pengunjung ada yang celaka bahkan sampe meninggal, kawasan Ijen akan ditutup untuk umum, berarti tertutup juga rejeki para pemandu, atau warung2 kecil. Untuk penginapan sebenernya butuh gak butuh sih, harganya Rp. 150.000,- permalam, sekamar mau dimasukin orang selusin juga  gak apa2, karena dingin banget ga akan kerasa gerah juga, dan juga kamarnya seadanya banget, jangan ngebayangin cottage yah hehehe.

Pos Paltuding
Berhubung tujuan utama kita ke Ijen buat ngeliat fenomena Blue Fire, yang katanya cuma ada 2 di dunia, 1 di Islandia, yang 1 lagi yah di Ijen ini. Buat ngeliat Blue fire ini kita kudu naik ke puncak dan turun ke arah bibir kawah jam 12 malem, karena fenomena ini cuma bisa kita liat pada saat gelap. Kenapa gak jam 7 sore? karena jalur pendakian ditutup jam 3 sore sampe jam 12 malam, dikhawatirkan, jam2 segitu suka ada hembusan belerang yang ga terduga.

Me Again
Buat anak kota yang biasa tidur jam 11 malem, tiba2 jam 7 sore digebrak2 sama pemandu, Mas Slamet, disuruh tidur, udah kayak bocah. Buat mendaki malam, kita kudu taat sama jam tidur karena kalo ngak, bakalan abis deh stamina. Tepat jam 12 dengan suhu 15 derajat, kita mulai pendakian, pake baju 3 lapis, sarung tangan dan kupluk buat kepala. Bawa 2 ransel pula yang isinya kamera SLR, air mineral 5 botol plus roti sobek, daaaann dibawain donk sama pemandu kita hahaha, jadi kita lenggang kankung aja gitu. Tapi buat beliau yang biasa memanggul belerang sampe 70 KG, tas kita ga sampe 5 KG mah ngitik2 dia doank.

Jalan ke puncak sekitar 3 Km yang untungnya saat itu lagi terang bulan, lumayan membantu pendakian kita. 1 Km pertama perjalanan terasa indah dan syahdu (halaah) jalanan landai dengan sedikit tanjakan, kalo nengok kanan bisa liat lampu2 kota Banyuwangi di kejauhan, sesekali bertiup angin dingin. Memasuki Kilometer ke 2, disini jalur neraka dimulai hahaha, jalanan mulai menanjak dan semakin berkelok2. Gw yakin 100% kalo gw nanjaknya siang, ngeliat tanjakan hampir 40 derajat, pasti gak jadi naik deh. Menurut Mas Slamet, pendakian pada saat musim hujan (saat musim hujan yah, bukan pada saat hujan) akan lebih mudah karena tanahnya jadi padat, beda kalo saat musim panas, yang kita pijak itu tanah berpasir jadi lebih licin.

Belerang
Menjelang Kilometer ke 3, ada tempat penimbangan sementara belerang, disebutnya kantin sama penduduk lokal. Yang bikin kaget, di salah satu warung ada kertas bertuliskan bahwa, 1 Kg belerang itu di hargai 800,-. Gila yah, dengan medan yang berat, beban berat (sekali jalan penambang bisa membawa 60-80 Kg, segede gw di panggul gitu dipundak hihihi), taruhan nyawa, harganya cuma Rp.64.000,- T_T. Salut banget sama bapak2 ini. Mendekati puncak, jalannya justru agak landai cuma berkelok2 dan agak sempit aja.

Perjalanan 2 jam yang menurut Mas Slamet cukup lama, krn katanya kalo turis asing atau penambang bisa sampe ke puncak hanya dengan 1 - 1.30 jam. Hahaha ya iyalah turis2 itu nanjak aja pake tank top doank, dan dengan songongnya bilang "its warm", sinting..belom pernah ngerasain kerokan sih dia.
Sampe di puncak dengan ketinggian 2300 m/dpl jam 2 pagi, kawah dibawah masih tertutup kabut dan asap belerang, ga keliatan apa2, tapi dari kejauhan kita bisa liat kilatan2 biru. Yap itu si api biru...agak2 males juga sih ngeliat itu api kayaknya letaknya jauh banget dibawah, tapi terus disemangati Mas Slamet "sayang kalo udah bela2in nanjak tengah malem tapi ga liat ke bawah" Akhirnya kita memutuskan untuk turun ke bawah, di sini kita bener2 butuh senter, pijakan yang kita injak itu bener2 batu, kerikil dan pasir, licin banget dan kudu ekstra hati2 karena ga ada pegangan apapun. 45 menit ngesot2 turun ke bawah, beberapa kali berpapasan dengan penambang yang kalo kita liat, mereka itu berasa lagi catwalk deh, enak dan enteng banget jalannya.
Dibawah ada area batu dengan permukaan rata untuk ngeliat Blue fire, kita tetep gak bisa terlalu deket karena takut ada semburan belereng mendadak. View yang gw liat setelah hampir 3 jam turun naik ngesot gunung bener2 bikin bulu kuduk merinding deh, kerennn banget yang namanya blue fire. Api biru keluar dari celah2 batu trus cahaya apinya nyinarin batu2 yang berwarna kuning kena belerang...super indah. Agak susah motret dengan baik disini karena gelap banget dan banyak asap, jadi cuma dapet 2 foto yang agak mendingan :(.
Blue Fire

Blue Fire 2
Setelah sampe lagi diatas (jalan balik cuma butuh 30 menit karena kejar2an sama asap belerang yang tiba2 naik, alhasil dada mau meledak dan mata pedes banget), sekitar jam 4 subuh, kita memutuskan untuk nunggu terang supaya bisa ngeliat kawahnya dari atas, dan tepat jam 5, mulai ujan donk zzzz. Udah pake jas ujan Rp 10.000,-, dan dinginnya luar biasa, menurut Mas Slamet sih mencapai 5 derajat. Karena kita mikir, udah tanggung, akhirnya kita memutuskan untuk tetep ujan2an nunggu terang. Jam 5.30 ujannya brenti, dan keadaan mulai terang, mulai nampak lah itu si kawah ijo, walaupun agak ketutup kabut dan asap belerang, tetep bersyukur kita bisa sampe ke atas sini. Pemandangan yang biasa gw liat di kartu pos atau majalah traveling, sekarang ada di depan mata...

Asap Belerang
Kawah Ijen
Kawah Ijen 2
Sekitar jam 6, kita mulai menurunin Ijen, mulai banyak penambang belerang yang seliweran bawa keranjang kosong atau yang sudah berhasil menggendong berpuluh2 kilo belerang di pundaknya.

Penambang Belerang 2
Penambang Belerang 3

Penambang Belerang 4
Pas turun menuju Paltuding, kita baru bisa liat tuh indahnya pemandangan sekitar, gunung2 hijau, kabut, langit...perfect.

Gunung Ijen
Pemandangan dari Ijen
Pemandangan dari Ijen 2
Ijen bisa dibilang trip paling ekstrem buat gw, nanjak gunung tengah malem, uber2an sama belerang tapi hasilnya puas banget, bisa liat kawah yang terkenal dan yang pasti Blue fire yang cuma ada 2 di dunia.

Berbagi tips lagi nih, pertama, pake baju secukupnya, kalo emang tahan sama dingin yah pake aja yang paling nyaman, krn pas nanjak kita pasti keringetan, kebanyakan orang pada saat keringetan mereka langsung buka jaket, selamet masuk angin deh cuy. kedua, Taat sama waktu tidur, jangan sok kuat, tidur 2-3 jam lumayan koq buat nambah tenaga daripada begadang ga tidur sama sekali. Ketiga, Jangan sombong, jangan sok kuat sama alam, banyak banget anak2 ABG yang sok jalan ga pake pemandu, banyak yang kepeleset bahkan ada bbrp yang pingsan krn terlalu deket sama asap belerang. Keempat, ini yang paling berat dan susah. Tau diri, tau batas kekuatan masing2.  Kalo emang udah ga kuat, better berenti jangan maksain kondisi badan. kesehatan kita lebih berharga.

Kawah Ijen 3
Untuk waktu menanjak sebenernya ada plus minus sendiri2, Kalo musim kemarau yang pasti kemungkinan besar kita akan dapet view dengan langit biru tapi jalur pendakian akan semakin sulit krn berpasir, ditambah lagi suhu dipuncak bisa mencapai 0 derajat. Kalo musim hujan, agak gambling masalah cuaca, tapi jalur pendakian lebih mudah karena ngak berpasir dan suhu pun nga sedingin waktu kemarau...soo pinter2 deh nyari waktu heheeh.