LOMBOK - LIBURAN SEGALA ADA (20-24 Januari 2013)

Lombok, apa yang ada di Bali pasti ada di Lombok, tapi apa yang ada di Lombok belum tentu ada di Bali. Quotes ini kayanya bener banget, dari pantai, gunung, pure, kuliner, desa adat, kerajian tangan, sampe night life ada semua disini. My first travel at 2013, lucky us dapet tiket promo Garuda 800rb PP. Inget dulu waktu ke Krabi banyak bule nanyain tentang Lombok, malu deh bule aja ud sampe Lombok, masa gw yang punya "Lombok" belum pernah kesana. Emang bener sih pas di sana terutama di Gili itu 80% bule, sisanya turis asia dan segelintir turis lokal. Kendala sulitnya transportasi dan mahal mungkin, makanya turis lokal prefer ke luar negri.
Perfect Beach

On time flight, jam 18.30 take off ke Lombok, penerbangan satu setengah jam, tiba di Lombok, Praya international airport jam 21.00 karena ada perbedaan waktu 1 jam. Nice airport. Kesan pertama di bandara ini, lu serasa jadi artis deh, kl PD tingkat tinggi, lu dadah2 aja, kemungkinannya didadahin balik atau ditimpukin. Banyak banget warga sekitar yang "piknik" di Bandara, beneran pada gelar tiker dan bawa ransum, mereka berbaur di pelataran bandara sama penjual minuman dan makanan kecil, gelaran aja gitu dibawah, sayang aja padahal bandaranya baru dan masi bersih, krn banyak yang piknik dan jualan itu jadi kaya stasiun kereta. Seperti biasa, banyak taksi yang nawarin utk nganterin, si "burung biru" ga boleh masuk ke area bandara krn diprotes oleh taksi lokal, dianggap memonopoli pasar. Untungnya ada damri dari bandara untuk ke arah kota. Berangkat jam 21.30, dengan 15.000 perjalanan setengah jam, kita sampe di kota Mataram. Disini sdh banyak taksi biru itu nunggu penumpang, dari sini kita naik taksi sekitar setengah jam lagi, argonya lumayan 80.000, ke wilayah Sengigi ke hotel Bulan Baru.
Pelajaran buat kita, review dari orang lain itu wajib didengar, kita pesen hotel melalui Agoda, foto2nya wuiiihh keren, tapi reviewnya ga bagus, krn kita udah yakin dan merasa murah, sekitar 240.000 dan kita pikir hanya untuk numpang tidur doank, jadilah kita order. Alhasil dari gambar yang wihhh keren berubah jadi weeehhh >_< . Hotelnya gelap, agak spooky, yang paling spooky kamar mandinya, gede dengan lampu remang2 dan dinding yang di cat dengan image hutan dan burung2 yang bertengger, jadi pas mandi serasa mata2 burung itu ngeliatin kita hahahaha.
Enough of that spooky hotel, day 2, tanggal 21 Januari, jam 9.30 kita berangkat dengan mobil sewaan dari hotel seharga 70.000 plus driver dan pemilik hotel yang ikut nebeng krn mau bayar listrik hahahaha. Tp untung ada dia jd ada pemandu wisata yang bercerita tentang Lombok. Bahkan kita bisa berhenti di daerah Nipah utk motret dan melihat gugusan 3 pulau Gili.

Teluk Nipah
Jam 9.30, kita sampe di pelabuhan Bangsal, pelabuhan untuk nyebrang ke Gili2. Beli tiket seharga 10.000 plus tiket masuk pulau 2.500. Perjalanan naik kapal kayu cukup besar tapi kudu barengan sama barang2 belanjaan orang2 di Gili, bahkan barang duluan yang masuk, baru kita hehehe. Perjalanan sekitar 45 menit, sampe deh di Gili Trawangan, gugusan 3 Gili yang paling luar dan paling rame. Wow, airnya masi bersih , masi biru banget. Hampir semua isinya bule, yg penduduk lokal cuma pegawai hotel, pedagang atau abang cidomo, andong khas Lombok.
Gili Trawangan
 Krn kita go show utk cari hotel disini, akhirnya kita survey beberapa hotel, knp kita ga cari homestay yg pasti lebih murah, menurut info, beberapa homestay itu gak punya air tawar, jadi air keran utk mandinya itu adalah air laut. Rate hotel disini beragam, start 450.000 keatas. Kita ambil hotel dengan rate 500.000 plus breakfast, namanya Bale Sampan. Kamarnya bagus, ada ceiling fan dan ac, kamar mandinya semi outdoor, jd serasa mandi di alam bebas hehehe, yg pasti karyawan hotelnya ramah banget, mungkin didikan bule, makanya care banget sama tamu2 hotel. Selesai check in, udah jam 10.30, salah kita ga cari info, krn kapal public utk keliling ke Meno dan Air sudah berangkat jam 9.30. Alhasil kita ga nyebrang ke Gili yang lain....huhuhu. Akhirnya kita memutuskan utk keliling pulau Trawangan pake sepeda sewaan, 40.000 satu sepeda utk seharian. Menurut info, 2 jam kita bisa ngelilingin Trawangan.

Leisure
Bener sih 2 jam juga keputer tuh, tp kita muterinnya jam 12 siang hahaha, gosong bin garing, trus semakin mengarah kebelakang, habislah jalanan block itu berganti dengan jalanan pasir, mencret deh ngegenjot sepeda disini, yang ada kita nuntun itu sepeda deh. Kesimpulannya 1 jam jalan surga, 1 jam jalan neraka.

Gazebo at The Beach
View From Gazebo
Tepat jam 2 kita balik ke hotel, makan siang dihotel, krn udah ga sanggup lg cari2 makanan diluar, walaupun
menunya ga banyak, tp rasany enak koq, bukan masakan asal jadi. Berdua, makan siang totalnya 100.000, 2 menu makan dan 2 minuman.
Setelah tidur siang bentaran, keren yah mahal2 ke Lombok, pake tidur siang segala hehe, jam 16.30 ujan aja gitu, jadi gagal deh nyari sunset di Gili, yang ada cuma main2 aja di pantai.

At The Edge
Jam 19.00, kita cari makan, dipasar seni, deket pelabuhan. Namanya aja pasar seni, tp isinya lebih banyak warung tenda2 makanan, dari nasi campur, seafood, jagung bakar sampe martabak. FYI makan di Gili banyakan menu western, agak susah cari local food disini...alhasil kita makan seafood dan plecing kankung, manteb bgt nih plecing asli Lombok, kankung, toge, kacang tanah goreng sama srundeng kelapa, trus sambelan terasinya dipisah.
Malem sebelum tidur kita cari makan lagi di Padi Dive In, kali ini westernan gitu, agak mahal harganya, tapi sih sebandinglah antara harga sama porsinya, pesen spaghetti, harganya 45.000 tp porsinya porsi bule, jadi kenyang sampe bleneg, tidur enak deh hehehe.

Besoknya, setelah sarapan, kita sempet jalan2 di pantainya, enak banget jam 9 pagi masi blum terlalu banyak pengunjung di pantai, hidup di Gili tu moving so slow deh, jadi hawa liburannya berasa banget.

Leisure 2
Jam 10.30 kita check out dari hotel, menuju pelabuhan utk kembali ke pulau Lombok. Tiket 10.000, kudu nunggu perahunya penuh, jadinya kita nunggu setengah jam, sekitar jam 11 baru berangkat deh. Sebelumnya kita sempet telp taksi untuk jemput kita di pelabuhan Bangsal, Lombok. Tepat jam 12 siang, kita udah di dalam taksi menuju ke Lombok Garden Hotel di Mataram, lumayan jauh sekitar satu jam perjalanan, dengan argo 130.000. Hotelnya lumayan bagus, konsepnya emang garden, jadi setiap kamar menghadap langsung ke arah kolam renang dan tamannya. Berhubung disini susah angkot dan kendaraan umum, kita musti sewa motor dan ternyata sewa motor jg ga banyak, untungnya di deket hotel di jalan Cakranegara ada yg nyewain motor. Lokasi penyewaannya agak kumuh, di Hotel Internasional. Kita sewa 1 motor Spacy 50.000 perharinya.
Krn udah laper langsung kita cari makan, kebetulan deket situ ada resto R.M Taliwang, yessss akhirnya makan ayam taliwang, local food. PD aja gitu kita pesen 2 porsi ayam taliwang. Sebagai appetizer dikasi puding nangka, kita pikir compliment, taunya di charge aja gitu heheheh. Yang paling heboh, 2 porsi ayam yang kita pesen itu, dateng aja 2 ekor ayam hahahah.... Rasanya mantab...ditambah, sambel beberok, mirip dabu2, potongan terong, tomat, bawang, dan cabe rawit, seger banget. Ditambah lagi kerupuk ceker ayam...enak banget, crunchy2 mahal haha, sekantong kecil 15.000. Total makan siang kita 139.000

Senggigi
Selesai makan, jam 14.00, langsung menuju Senggigi, ke Pure Batu Bolong, kita musti pake ikat kuning dipinggang, di pintu depan, seperti biasa ada sumbangan seikhlas kita. Disebut batu bolong, karena purenya terletak diatas karang yang menjorok ke laut, trus karangnya berongga, jadi namanya Batu Bolong.

Batu Bolong
Pura Batu Bolong
Statue
Batu Bolong Senggigi
Washed Away
Ga banyak yang bisa diliat disini, krn purenya pun ga besar. Abis dari Pure ini sekitar jam 16.00 kita terus ke arah Senggigi, rencana mau nunggu sunset, jadi kita mampir di Art Market, didalemnya ada beberapa cafe.
Kita masuk ke D'quake, pesen minum yah harganya standar cafe lah. Sekitar jam 16.30...jeng jeng, ujannnn. No sunset at day two T_T...

Sunset Tricked Us
Akhirnya sambil nunggu ujan, kita ngobrol2 sama pelayan restonya tentang lokasi2 wisata yang mau kita datengin, sampe akhirnya salah satu pelayannya, namanya mas Aris, menawarkan diri utk menjadi guide kita....hmmm lumayan ga pake nyasar2 juga, soalnya beberapa lokasi yang mau kita datengin termasuk jauh dan ga ada disatu wilayah, ditambah katanya polisi Lombok, agak ketat sama peraturan, apalagi sm turis yang bawa kendaraan sendiri.
Besok paginya, kita start dari jam 7.30.....first stop kita ke desa Sukarare, perjalanan sekitar 1 jam. Desa ini adalah desa tenun, penjual dan penenunnya pun ramah. Tenun yg dibuat oleh para ibu, cuma punya lebar maksimal 60 cm, dengan panjang yang beragam, jadi utk pembuatan sarung atau kain yang lebih besar dari 60cm, itu pake tenun ikat yang cuma bisa dioperasikan sama pris, krn alatnya yang cukup besar dan berat.

Menenun
Amazed deh ngeliat ibu2 ini nenun, beneran benang per benang, pusing dah liatnya. Dan dalam sehari mereka nenun dari jam 9 sampe jam 5, itu cuma dapet 15 cm doank. Kebayang utk buat satu kain bisa butuh waktu berminggu2 bahkan berbulan2 tergantung tingkat kesulitannya. Kain yang dijual disinin pun ga mahal, 1 sarung cuma dihargai 50.000, inget deh gimana susahnya bikin itu sarung.

Integritas
Next stop kita ke desa adat, desa Sade. Sekitar setengah jam dari desa Sukarare ke arah Praya, Lombok tengah. Desa ini, rumah2nya masi berupa rumah adat, dengan lumbung yang khas dengan atap jeraminya.

Lumbung Desa Sade
Satu lagi yang menarik lantai rumah adat Lombok ini menggunakan kotoran kerbau sebagai lapisan luarnya, setelah mengering dan digosok dengan batu, emang mirip semen sih, dan katanya bisa mencegah nyamuk hehehe, sooo kl dirumah lu banyak nyamuk, coba deh pake kotoran kerbau, baunya cuma 3 jam setelah pengolesan aja koq hehehehe. Yang agak kurang enak di desa ini, pemandu wisata alias penduduk lokal sini agak sedikit maksa utk beli hasil tenun mereka, dan harganya 2 kali lipet dari desa Sukarare, demi melestarikan kebudayaan yo wisss lah.

Masterpiece
Masterpiece 2

Sekitar jam 10, kita mulai lanjut jalan lagi ke Tanjung Aan, daerah Kute, Lombok Selatan. Perjalanannya cukup lama sekitar 1 jam, kita sempet berhenti di deket Novotel Kute. Viewnya keren banget, ada padang rumput, danau, bukit, trus berbatasan langsung sama laut, ditambah banyak banget kerbau lagi merumput, not a common scenery for me hehehe.

Kuta - Lombok
Merumput
Merumput 2
Lanjut jalan ke Tanjung Aan, jalanannya agak rusak, karen pantai ini bener2 terpencil, tapi begitu sampe dipantainya....WOW, gileee bersihnya, lautnya tenang banget karena pantainya berupa cerukan yang dikelilingi pulau2 dibagian luarnya, jadi ga ada ombak yang masuk ke arah bibir pantai, cocok banget buat renang asal tahan sama panasnya hehehe.

Tanjung Aan From The Rocks
Perfect Beach 2
Tanjung Aan
Oya,pasir dipantai ini juga unik, dibagian atasnya halus kaya pantai kebanyakan, tapi keruk dikit pake tangan, pasirnya itu bulet2 kaya butiran merica.

Pasir Merica
Saran dari penduduk lokal, katanya jgn sampe gelap dipantai ini, bukan krn mistis tapi demi keamanan aja krn jalannya itu tadi, rusak dan ga ada penerangan.
Selesai dr pantai ini, kita kembali kearah Lombok tengah, ke wilayah Narmada untuk ke Pure Suranadi. Sampe di wilayah Suranadi, kita makan dulu di warung Taufik, cukup murah disini, ber3 kita makan, harganya pas 100.000. Mas Aris kudu balik krn dia masuk kerja jam 3, so abis makan ini kita cari jalan sendiri ke Purenya dan jalan pulang ke hotel. Thank u mas Aris, buat temen2 yang mau diguide, tuh mas Aris, ok, ga neko2 orangnya, sopan lagi hehe.

Prayer
Pure Suranadi, disini katanya ada kolam berisi belut suci, ga semua orang bisa liat. Kata bapak penjaganya
cuma orang yang niat kuat bertemu si belut suci, baru deh bisa liat si belut. Katanya begitu bisa liat belut suci, orang itu bisa dikabulkan semua impiannya....enaknyaaa hehehe.

Pemandian Suranadi
Pura Suranadi
Setelah Suranadi, rencananya kita mau balik Senggigi untuk nyari sunset, tapi sayangnya liburan kali ini gw ga diijinkan untuk moto sunset hehehe, tapi cukup bersyukur kita selalu dapet cuaca cerah dari pagi sampe sore hari.
So, Lombok...hmmmm wajib dikunjungi sih, supaya sebagai Orang Indo, taulah Gili itu seperti apa hehe. Lokasi yang indah, lengkap ada pantai, gunung, religi, budaya, bahkan ada ajeb2nya juga.
Overall, dana yang kita keluarin mulai dari tiket, penginapan, transport, makan dan pengeluaran tak terduga, perorangnya 2.730.000. Lebih banyak di transport dan makan sih yang agak mahal.

So thats my first travel in 2013, thanks to "Mr. EO" Rahman hehehe...jadi sekarang gw bisa bilang ke bule2
yang gw temuin di Krabi, YES, I'VE BEEN IN LOMBOK, AND I KNOW MORE THAN U MR BULE